cara sederhanan membuat skuisi di rumah

      Cara Membuat Squishy dari Spons








  
 pasti kita semuanya mengenal skuisi?tentu saja kita mengenal yang nanya skuisi,yaitu main banda lembut yang banyak dimainkan oleh anak atau pun remaja. Nah sekarang saatnya mencoba untuk membuatnya sendiri dengan bahan yang sederhana saja. Yang pertama ini Saya akan membahas tutorial cara membuat squishy dari bahan spons.
Alat dan Bahan Membuat Squishy dari Spons
  • Bahan utama, yaitu spons atau juga bisa menggunakan bahan busa yang biasa dipakai untuk mencuci piring, ataupun yang biasa dipakai untuk makeup.
  • Alat utama yaitu gunting yang akan digunakan untuk memotong.
  • Lem, usahakan menggunakan jenis lem silikon atau lem arcilic, yang penting menggunakan lem yang tidak kaku saat lem mengering.
  • Gunakan puffy paint atau cat timbul untuk penggunaan warnanya, gunakan warna yang sesuai dengan selera kamu sendiri.
  • Alat terakhir yaitu kuas dengan ukuran yang sedang saja, tidak terlalu kecil dan juga besar
Tahapan Langkah Cara Membuat Squishy dari Spons
1.    Langkah pertama yang dilakukan sebelum teknis pembuatan yaitu mempersiapkan semua bahan terlebih dahulu, termasuk desain dan bentuk squishy yang ingin kamu buat. Nah mungkin buat kamu yang masih pemula lebih baik buat saja bentuk yang standar, yang mudah dibuat. Misalnya seperti roti tawar, tinggal nantinya dihias lebih variatif lagi.
2.    Setelah kamu sudah mempersiapkan semua bahan dan ide desain squishy yang akan kamu buat, selanjutnya yaitu mempraktikkan ide yang sudah kamu rancang. Potong busa spons menjadi bentuk yang kamu inginkan. Kemudian gabungkan potongan busa spons tersebut menggunakan lem dan tunggulah hingga lem mengering.
3.    Langkah yang ketiga yaitu mengecat squishy. Sebelum mengecat, pastikan dahulu busa spons dalam kondisi bersih dan tidak basah, agar hasil cat maksimal, sehingga kuat dan merata.
4.    Tinggal satu langkah lagi Guys, yaitu menusukkan ring gantungan kunci pada busa. Tapi sebelum itu, pastikan dahulu cat sudah kering. Setelah cat sudah kering, kemudian masukkan ring gantungan kunci pada busa dan tambahkan lem pada bagian yang ditusuk, agar ring dapat melekat dengan kuat.

  
CARA MEMBUAT SQUISHY DARI CLAY

     Selanjutnya cara membuat Squishy dari clay. Kalau tadi kan membuat squishy dengan bahan dari spons, ternyata bisa juga lho membuat squishy dengan bahan selain spons.
      Terus pakai bahan apa dong? ya seperti yang akan saya bahas yakni menggunakan bahan utama Clay. Nah, pasti kamu juga bertanya nih, apa sih clay itu? Clay adalah sejenis mainan yang terbuat dari bahan lilin, bentuknya pun fleksibel, bisa diubah dengan berbagai tekstur dan bentuk yang variatif. Daripada kamu penasaran, langsung aja yuk simak cara membuat squishy dari Clay.
ALAT DAN BAHAN MEMBUAT SQUISHY DARI CLAY
1.      Bahan pertama yang harus kamu siapkan adalah Clay, Lalu pilihlah warna yang menurut kamu cocok dan bagus untuk digunakan membuat squishy.
2.      Bahan kedua yang perlu dipersiapkan adalah sedikit spons atau busa, kira-kira saja spons atau busa sesuai kebutuhan.
3.      Siapkan juga tutup toples atau kamu juga bisa menggunakan benda lain yang berbentuk bulat tujuannya adalah untuk membuat bentuk bulat pad squishy dari clay yang akan kita buat.
4.      Siapkan lem putih (white glue) yang akan digunakan untuk melapisi bagian luar clay.
5.      Cat timbul (puffy paint) yang digunakan sebagai pewarnanya, dan kamu juga bisa menggunakan cat minyak.
6.      Selanjutnya adalah gunting yang nantinya akan digunakan untuk memotong dan membentuk squishy yang ingin kamu buat sesuai keinginan kamu.
7.      Pulpen atau spidol yang akan digunakan untuk menggambar pola squishy.
8.      Plastik sebagai wadah clay ketika sudah dibentuk.
LANGKAH CARA MEMBUAT SQUISHY DARI CLAY
9.      Langkah pertama adalah mempersiapkan spons. Kemudian buatlah pola bulat, untuk membentuknya kamu bisa gunakan tutup toples yang kecil atau dengan tutup bedak bekas yang bulat.
10.  Langkah yang kedua adalah menggunting pada bagian spons tersebut, lalu ambil clay yang telah disiapkan tadi. Kamu bisa ambil sesuai dengan kebutuhan.
11.  Ketiga, buatlah bentuk bulat pada clay, kemudian clay yang telah dibentuk bulat tadi di taruh di atas plastik kecil yang telah diepersiapkan tadi tujuannya agar tidak lengket, dan tekan sampai menipis.
12.  Setelah itu, taruh spons tadi di atas clay. Kemudian lapisi spons dengan clay hingga seluruh bagian spons terselimuti oleh clay. Haluskan bagian tertentu yang masih terasa kasar.
13.  Langkah kelima, campurkan clay dengan lem putih, dan setelah itu kamu bisa lukis squishy clay sesuai keinginanmu, bisa dengan bentuk emoji ataupun variasi lainnya.
14.  Jika ingin squishy buatan kamu memiliki struktur yang lebih slow dan smooth, bisa kamu coba dengan memasukkan ke dalam kulkas kurang lebih 24 jam, setelah itu squishy akan menjadi lebih slow dan bisa kamu mainkan lagi.

    Komentar